Alamat : Jl. Anggrek I No. 28 Gombong - Kebumen - Jawa Tengah 54411 | Tlp. 0287-471391 - Email: smpmusago@gmail.com
Pilih Bahasa / Translate
Papan Informasi/Pengumuman
Jalan Sehat MILAD Muhammadiyah Ke 105 dan Gebyar Muktamar Ke 47

Upd: Jumat, 5 Desember 2014 | 00:46 WIB
Jangan lewatkan....ikuti dan hadiri Jalan Sehat dalam rangka MILAD Muhammadiyah Ke-105 dan Gebyar Muktamar Ke 47 yang diselenggarakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen. Dapatkan doorprize menarik : ...
Jadwal UAS 1 TP.2014/2015

Upd: Rabu, 3 Desember 2014 | 04:50 WIB
Silahkan download pada menu Fitur Web - Download File - Download ...
Ulangan Akhir Semester (UAS) 1

Upd: Selasa, 25 November 2014 | 06:47 WIB
Hari/Tanggal : Jumat s.d. Sabtu, 6 s.d. 13 Desember 2014 Catatan : Kepada seluruh siswa untuk lebih rajin belajar, hindari aktifitas yang tidak bermanfaat dan tentunya ...
Login Guru & Siswa
NIS. / User :
Password :
Sebagai : Guru/Siswa
Register |
Agenda Kegiatan Terbaru

Tanggal : 14/12/2014
MUSAGO Class Meeting 2014. 1. Futsal Competition 2. ...
Tempat : BSC dan Kampus SMPMUSAGO
Tanggal : 07/12/2014
Jalan Sehat MILAD Muhammadiyah Ke-105 dan Gebyar Muktamar ...
Tempat : Alun-alun Kebumen
Tanggal : 05/12/2014
Ulangan Akhir Semester I TP. 2014/2015 Dimulai tanggal ...
Tempat : Kampus SMP Muhammadiyah 1 Gombong
Agenda-agenda Lainnya..
Statistik Pengunjung
  Sedang Online     : 1 orang
  Visitor Hari ini
      : 7 visitor
  Total Visitor      
    : 14864 orang
  Tayangan hari ini
: 482 kali
  Total Tayangan    : 14813274 kali
Radio Online
,....SMP MUSAGO RADIO....,

Sejarah dan Perkembangan 

 

Pidato : Bapak Md. Djarot (Alm)

Pengajian Akbar Muhammadiyah

Dalam rangka Perletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Perguruan Muhammadiyah

 Tanggal 11 Nopember 1952

(Versi sudah sesuai EYD Bahasa Indonesia sekarang)

 

Assalamu’alaikum w.w.

 

Hadirin yang kami muliakan.

Setelah puja dan puji kami panjatkan ke Hadirat Allah Yang Maha Rahman, ijinkanlah kami langsung dan dengan secara singkat melaporkan berdirinya dan perkembangan SMP Muhammadiyah Gombong yang merupakan hasil jerih payah dan gotong royong kita bersama selaku umat Islam pecinta Sunah Rosul dan penerus cita-cita almarhum K.H.A. Dahlan.

 I.       Berdirinya

            Pada suatu hari dalam bulan Juni tahun 1949 datanglah Sdr. Paiso yang menyatakan telah mendirikan sebuah SMP Partikelir didaerah gerilya Desa Wonoharjo Asistenan Rowokele menemui Bapak D. Sutario yang menjadi Kepala SMP Gombong (penjelmaan dari Sekolah Rakyat Sempurna) dan ketua kita yang tercinta bermaksud untuk bersama-sama mencari kemungkinan berdirinya sebuah SMP Islam partikelir. Ajakan tersebut mendapat sambutan dan sambutan positif dari semua pengurus, lalu dibentuklah tim komite pendirian dengan tenaga inti sebagai berikut :

  1. 1.      Bapak D. Sutario
  2. 2.      Bapak Mh. Basyar
  3. 3.      Bapak Md. Djarot
  4. 4.      Bapak Paiso

Berdasarkan hasil musyawarah, maka pada bulan Agustus 1949 berdirilah SMI (Sekolah Menegah Islam) Gombong dengan tempat meminjam (nunut) di SMP Gombong (sekarang SMP Negeri 2 Gombong) yang dibuka sore hari.

Sebagai modal awal perjuangan para pendiri sekolah, pertama-tama mendapatkan jumlah sebanyak 16 orang pindahan dari Wonoharjo dan mendapat tambahan pendaftar baru 15 orang. Dengan pertolongan Allah tersusunlah tenaga gurunya :

  1. 1.      Saudara Paiso
  2. 2.      Bapak D. Sutario
  3. 3.      Bapak Samingun
  4. 4.      Bapak Tamingun
  5. 5.      Bapak Sindu Hadiwijaya
  6. 6.      Np. Md. Djarot
  7. 7.      Ibu Tuti Ali

Ketujuh orang ini berniat berjuang karena Allah dan sanggup menerima tunjangan separuh dari uang masuk dari para murid dibagi rata menurut jam mengajar.

Alhamdulillah pengurus cabang dapat menambah dengan cara membuat donatur tiap bulan dan ditambah lagi dari kalangan tiap-tiap pengajian Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah.

Adapun mengenai tingkat pelajarannya kita selalu mendapatkan contoh-contoh pelajaran sekolah pemerintah dari Bapak D. Sutario yang tercinta.

 II.    Perkembangan

Perhatian masyarakat betul-betul sangat menggembirakan. Dapat kita lihat dari pendaftaran tambahan murid setiap tahun yang masuk, dan yang sangat menggembirakan kita ialah semenjak pindah menyewa gedung Bapak Munandar bekas H.I.S. met den Quran dan sekolah kita memasukkan pagi hari dan sore hari sekarang ini tercatat jumlah muridnya sudah 135 orang. Kira-kira separuh datang dari Asistenan Gombong, dan separuh lagi dari Asistenan Kuwarasan, Buayan, Rowokele, Ayah bahkan Asistenan Tambak, Sumpiuh dan Kroya.

Dengan perkembangan yang menggembirakan ini, maka sejak kita pindah ditempat ini nama sekolah telah kita sesuaikan dengan nama organisasi menjadi SMP Muhammadiyah, dan kita memberanikan diri menambah tenaga-tenaga guru antara lain :

  1. 1.      Bapak Sumarsono
  2. 2.      Bapak Sucipto
  3. 3.      Ibu Suwarsih
  4. 4.      Bapak Ratal

Dalam pada itu atas kebijaksanaan Kepala Sekolah Bapak Paiso, dan ketaatan serta kesetiaan para guru sekolah dapat melepaskan diri dari ketergantunagan donatur, walaupun donasi masih akan terus dilakukan tetapi dimaksud oleh pengurus akan dialihkan untuk Pembangunan Gedung Perguruan.

Hadirin yang mulia. Inilah sebabnya maka mengapa tahun yang lalu Agustus 1951 komite pendiri SMI memberanikan dirinya menerima keputusan cabang menjadi Panitia Pembangunan Gedung Perguruan Muhammadiyah Gombong, yang pada hari ini nanti akan mengadakan upacara perletakan batu pertama di tanah kita sendiri wakaf dari yang tercinta bapak kita D. Sutario di Gg. Amin Gombong (sebelah rumah saja) seluas 37 ubin.

Perlu diumumkan pula, atas ijin yang berwajib, nama Gg. Amin telah dirubah menjadi Gg. Muhammadiyah. Juga dari Bapak Bupati telah kita terima ijin untuk mengedarkan list derma dan telah tersedar ke kantor-kantor dan mendapatkan bantuan yang tidak sedikit.

Dari Bapak kita K.H.A. Dardiri di Purwokerto telah disanggupi bata untuk tiga kelas. Panitia merencanakan nantinya gedung akan menjadi lima kelas dan ditambah kantor dan mushola dan WC. Maka akan menjadi kenyataan atau tidak usaha kita ini adalah tergantung kepada kita sekalian, khususnya warga Muhammadiyah, ‘Aisyiyah yang hadir maupun yang tidak.

Untuk maksud tersebut, maka kami mohon apabila anak-anak kita H.W. yang akan dikomando oleh Bapak Harun dan Bapak Ratal sewaktu-waktu sowan para Bapak dan Ibu akan menjembut dengan serta merta. Perlu juga kami kemukakan, bahwa mulai tahun ini kita telah mendapat guru Agama dari pemerintah yang kebetulan adalah diri saya sendiri. Kepada para pengurus ranting dan kelompok pengajian yang belum setor infaknya kami harapkan untuk segera menunaikan tugasnya.

Demikianlah sekedar laporan kami selaku ketua panitia pembangunan, sekali lagi atas bantuan serta do’a restu para Ibu / Bapak kami sampaikan terima kasih, semoga Allah menerima amal kita sekalian. Amien.       

 

Wassalam w.w. 

 

Tanggal Lahir SMP Muhammadiyah Gombong

 

            Berdasarkan Piagam Pendirian Perguruan Muhammadiyah No. 3252/II-18/Jtg.49/1979 tertanggal 18 Agustus 1979 M bertepatan dengan tanggal 25 Ramadlan 1399 H yang diterbitkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan pada saat itu sebagai Ketua Majelis Bapak H.S. Prodjokusumo, Sekretaris Majelis Bapak Drs. Haiban HS maka SMP Muhammadiyah Gombong didirikan pada tanggal 1 Agustus 1949 di Cabang Gombong Daerah Kebumen Wilayah Jawa Tengah.

 

Tokoh-tokoh Pendiri SMP Muhammadiyah Gombong

 

Berikut adalah tokoh-tokoh pendiri SMP Muhammadiyah Gombong :

  1. Paiso Prawirosastro
  2. Katimin Wilotikto
  3. Djalal Soetario
  4. Ahmad Wedyosaputro

 

Berikut adalah guru-guru awal pendirian SMP Muhammadiyah Gombong :

  1. Ratal Wiryosantoso
  2. Tamingun
  3. Wagiman
  4. Samingun
  5. M. Djarot
  6. Sindhu
  7. Sutopo
  8. Tuti Ali
  9. Sukeni

 

 

 PERIODESASI KEPALA SEKOLAH

 1.      Periode Paiso Prawirosastro ( 1950 - 1955 )

Periode ini merupakan awal proses pasca berdirinya SMP Muhammadiyah yaitu tanggal 1 Agustus 1949. Gedung masih meminjam SMP Negeri (sekarang SMP Negeri 1 Gombong) siswa  masuk sore hari. Perjuangan besar karena mulai dari siswa berjumlah 16 orang sampai mendapat siswa 135 orang. Pembangunan Gedung Sekolah dimulai pada tanggal 11 Nopember 1952 atas dasar tanah wakaf dari Bapak Bapak D. Sutario seluas 38 x 13,5 m2 = 513 m2 di Gang Amin (Gang Mawar sekarang)

 2.      Periode H.M. Suwito Abdullah Masdar ( 1955 - 1965 )

Perjuangan tentunya masih terus berjalan dengan dimilikinya Gedung Sekolah sendiri yang tentunya masih membutuhkan banyak dana untuk melengkapi fasilitas didalamnya. Status sekolah baru TERDAFTAR atau TERCATAT

 3.      Periode H.S. Siswosudibyo ( 1965 - 1991 )

Pada tanggal 1 April 1978 SMP Muhammadiyah Gombong resmi menjadi Sekolah Swasta yang DIAKUI berdasarkan Piagam dari Kantor Wilayah Departemen P dan K Propinsi Jawa Tengah Bidang Pendidikan Menengah Umum yaitu nomor 0629/XXII/4.P/78.

 4.      Periode Waridin Yogosiswoyo ( 1991 - 1996 )

Berdasarkan SK Majelis Pendidikan dan Kebudayaan PWM Jawa Tengah nomor : E.2/065/Jtg/1989 tertanggal 12 April 1989 tentang Pengangkatan Wakil Kepala SMP Muhammadiyah Gombong. Kemudian SK Majelis Pendidikan dan Kebudayaan PWM Jawa Tengah nomor : E.2/006/Jtg/1991 tertanggal 7 Nopember 1991 tentang Pengangkatan Kepala SMP Muhammadiyah Gombong.

Status DISAMAKAN telah disandang SMP Muhammadiyah Gombong berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah nomor : 405/I03/H/1990 tertanggal 31 Desember 1990.

5.      Periode Tuti Setiawaty ( 1995 )

Menjadi Wakil Kepala Sekolah berdasarkan SK Majelis Pendidikan dan Kebudayaan PWM Jawa Tengah nomor : E.2/006/Jtg/1991 tertanggal 7 Nopember 1991. Akhirnya terhitung mulai tanggal 22 April 1995 melalui SK PDM Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kebumen nomor : 59/SK.Dik/III.A/2.b/1995 diangkat menjadi YMT Kepala SMP Muhammadiyah Gombong.

Status DISAMAKAN masih melekat pada periode ini yaitu berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah nomor : 147/I03/I/1996 tertanggal 3 April 1996.    

6.      Periode Supriyadi .AP, B.A. ( 1995 )

Periode ini sangat singkat karena terhitung mulai tanggal 1 September 1995 Ibu Tuti Setiawaty sesuai dengan SK PDM Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kebumen nomor : 328/SK.Dik/III.A/2.b/1995 mengakhiri menjadi YMT Kepala SMP Muhammadiyah Gombong dan langsung digantikan Bapak Supriyadi .AP, B.A.

7.      Periode Drs.H.M. Zairin ( 1996 - 1998 )

Sesuai dengan SK Majelis Pendidikan dan Kebudayaan PWM Jawa Tengah nomor : 017/SK.PWM/III.A/2.b/1996 tertanggal 1 Agustus 1996 dan terhitung mulai tanggal 15 Desember 1999 Drs. M. Zairin diberhentikan dengan hormat sesuai SK PDM Kabupaten Kebumen nomor : 170/SK.PDM/I.A/2.b/1999.

 8.      Periode Achsan Adhie Pamungkas, B.A. ( 1998 - 2002 )

Gayung pun bersambut SK PDM Kabupaten Kebumen turun dengan nomor : 171/SK.PDM/I.A/2.b/1999 tertanggal 15 Desember 1999 tentang Pengangkatan Achman Adhie Pamungkas, B.A. sebagai Kepala SMP Muhammadiyah Gombong selanjutnya.

 9.      H.T. Al Maftuh, B.A. ( 2002 - 2010 )

Dengan berakhirnya masa jabatan Achman Adhie Pamungkas, B.A. terhitung mulai tanggal 23 Maret 2002 yaitu sesuai SK PDM Kebumen nomor : 197/KEP/III.0/D/2002 maka diteruskan oleh Tarsan Al Maftuh, B.A. terhitung mulai 25 Maret 2002 dengan SK PDM Kabupaten Kebumen nomor : 199/Kep/III.0/D/2002 sampai dengan nanti tanggal 30 Juni 2010.

Terhitung tanggal 3 April 1996 sampai dengan 28 Desember 2005 SMP Muhammadiyah Gombong berstatus DISAMAKAN. Puji syukur Alhamdulillah pada tanggal 29 Desember 2005 nomor : 30/BAS-DA/XII/2005 akhirnya SMP Muhammadiyah Gombong telah Terakreditasi A.

Ini merupakan rahmat dari Allah SWT serta kesuksesan bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SMP Muhammadiyah Gombong.

10. Muhammad Zaini, SHI., MSI. ( 2010 – Sekarang )

Berdasarkan Surat Keputusan Majelis Dikdasmen PDM Kebumen Nomor : 011/Kep/III.04/D/2010 Tertanggal 1 Juli 2010 dibarengi dengan acara Lepas Sambut Kepala Sekolah yang dilaksanakan pada Tanggal 1 Juli 2010 dari Bapak Tarsan Al Maftuh, BA. kepada Bapak Muhammad Zaini, SHI., MSI. Maka terhitung tanggal tersebutlah Kepala SMP Muhammadiyah 1 Gombong yaitu Bapak Muhammad Zaini, SHI., MSI.

FOTO DOKUMENTASI PERIODESASI KEPALA SEKOLAH

   1. Paiso Prawirosastro
   

 2. H.M. Suwito Abdullah Masdar
   
   3. H.S. Siswosudibyo
   
   4. Waridin Yogosiswoyo
   
   5. Tuti Setiawaty
   
   6. Supriyadi .AP, B.A.
   
   7. Drs.H.M. Zairin
   
   8. Achsan Adhie Pamungkas, B.A.
   
   9. H.T. Al Maftuh, B.A.
   
   10. Muhammad Zaini, SHI., MSI.