Jl. Anggrek I No. 28 Gombong - Kebumen - Provinsi Jawa Tengah 54411 | Tlp. 0287-471391 - Email: smpmusago@gmail.com

Informasi News & Artikel


Kategori :    

Penuh Canda dan Tawa


Ditulis pada hari Rabu, 1 April 2015 | 02:17 WIB | Oleh : Ruly Ardiansyah


Kalo kamu-kamu sering liat TV ada serial film kartun Indonesia Adit & Sopo Jarwo tentu betul-betul kenal banget karakter bang jarwo. Hemmm….khas banget ngomongnya.

 

Adit dan Sopo Jarwo adalah sebuah film animasi anak-anak yang dirilis pada 27 Januari 2014 di Indonesia dan disiarkan di MNCTV. Film ini diproduksi oleh MD Animation.

 

Kisah persahabatan antara Adit, Dennis, Mitha, dan Devi serta si mungil Adelya yang kehidupannya diwarnai petualangan tak terduga. Adit berperan sebagai penggerak, motivator, juga inspirator bagi para sahabatnya untuk melewati hari–hari dalam menggapai mimpi di masa mendatang.

 

Namun, perjalanan tak semulus jalan tol. Mereka harus berhadapan dengan duo yang selalu mencari celah untuk mendapat keuntungan tanpa usaha, si Sopo Jarwo. Perbedaan paham atau cara pandang merupakan bumbu utama yang memicu “perseteruan” abadi antara Adit Cs dan Sopo Jarwo.

 

Tapi perseteruan keduanya bukanlah secara fisik maupun secara emosional. Beruntung di antara mereka ada Haji Udin, ketua RW yang telah menjabat selama belasan tahun. Sosok bijaksananya menjadi penengah antara Sopo Jarwo dan Adit Cs. Petuah bijak yang disampaikannya dengan ringan dan lugas mampu mengembalikan suasana gaduh menjadi teduh.

 

Karakter :

  1. Adit, tokoh utama dalam kisah ini
  2. Dennis, teman karib Adit yang selalu ketakutan setiap melihat Jarwo
  3. Mita, teman Adit
  4. Adel, adik perempuan Adit yang masih berusia balita
  5. Devi, teman Adit
  6. Bunda, ibu Adit
  7. Ayah, ayah Adit
  8. Sopo, pengangguran bertubuh tambun yang agak lamban pemikirannya, selalu bersama dengan Jarwo kemana-mana
  9. Jarwo, pengangguran yang bekerja serabutan dan kadang berseteru dengan Adit, meski beberapa kali pula saling bekerjasama
  10. Haji Udin, Ketua RW yang bijaksana dan sering menjadi penengah atau pemberi solusi untuk setiap masalah yang ditimbulkan oleh Sopo Jarwo
  11. Kang Ujang, tukang bakso yang sering dibantu oleh Sopo Jarwo sebagai ganti dari bakso gratis yang diberikan untuk mereka berdua
  12. Pak Dasuki, warga kampung karet yang selalu memberikan tugas dirumahnya kepada Sopo dan Jarwo

 

Yang aku suka dari serial film kartun ini juga tersirat makna dan hikmah dari setiap episodenya. Nuansa islami juga kental di dalamnya karena adanya tokoh pak haji Udin dan beberapa adegan sering terucap “Assalamualaikum….Waalaikum salam……….Alhamdulillah…Masya Allah….Astaghfirullah” dan lain sebagainya.

Nilai-nilai etika & moral yang diusung juga ketara sekali. “Sopan santun….Menghormati orang tua…jujur….amanah” semua lengkap tersaji dalam sentuhan dan gerakan gambar 3 dimensi.

 

Sumber kutipan : Literatur Film Animasi Adit & Sopo Jarwo



Kategori : Lain-lain | 1088 hits

<< Kembali ke Artikel Senin, 25 Mei 2020 | 01:45 WIB



Jejak-jejak komentar visitor yang menyimak artikel ini (Total : 0 komentar)



* Silahkan berikan komentar anda seputar artikel yang kami sajikan di atas.

Nama Lengkap :

Kontak (No. HP atau Email) :

Komentar (max. 250 karakter) :



Masukkan Jumlah :