Web E-Learning
SMP Muhammadiyah 1 Gombong


Website E-Learning Sekolah ini bertujuan untuk mempermudah siswa/i dalam pembelajaran, interaksi antara siswa/i dengan bahan/materi, siswa/i dengan guru maupun sesama siswa/i. Siswa dapat dengan mudah mempelajari materi yang disediakan.

Untuk dapat mengakses situs e-learning ini secara keseluruhan silahkan login terlebih dahulu.


Lihat Materi       Latihan Soal

Selamat pagi semuanya, belajar lagi yuk..


Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester 1

Keragaman Bentuk Muka Bumi

 

Bentuk permukaan bumi tidak rata. Ada yang berupa gunung, pegunungan, dan bukit. Adapula yang berupa lembah, daratan tinggi dan daratan rendah. Keadaan itu tidak hanya di daratan. Di dasar laut pun terdapat lembah yang dalam (trog atau palung laut), lubuk laut,gunung laut, punggung laut, dan semacamnya. Perbedaan tinggi rendah permukaan bumi disebut relief. Ilmu yang mempelajari tentang relief permukaan bumi disebut geomorfologi.

Bentuk Muka Bumi (Relief) Daratan

Relief daratan tidak rata, dapat berupa gunung, pegunungan, bukit, daratan rendah, lembah dan lain-lain. Indonesia berelief kasar karena berupa gunung berapi, gunung, pegunungan, bukit, lembah dan dataran rendah. Bentuk permukaan bumi Indonesia yang tidak rata disebabkan oleh tenaga dari dalam bumi yang disebut tenaga endogen dan oleh tenaga dari luar yang disebut tenaga eksogen.


     2. Bentuk Muka bumi (Relief) Lautan


Relief yang terdapat di permukaan dasar laut sangat beraneka ragam, antara lain : Dangkalan (shelf), Palung Laut atau trog, Lubuk laut atau bekken, ambang laut, pesisir, pantai, 
dan kedalaman laut.


TENAGA YANG MEMPENGARUHI BENTUK MUKA BUMI

 

Bentuk muka bumi di daratan dan di lautan dari waktu ke waktu selalu berubah. perubahan itu disebabkan tenaga yang berasal dari dalam bumi maupun tenaga yang berasal dari luar bumi.Tenaga yang berasal dari dalam bumi disebut tenaga endogen sedangkantenaga yang berasal dari luar bumi disebut tenaga eksogen.


APA YANG DIMAKSUD DENGAN TENAGA ENDOGEN ? 
Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga ini pada umumnya memberikan berbagai bentuk relief kulit bumi dan bersifat membangun. Tenaga atau kekuatan yang berasal dari dalam bumi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
    a) Epirogenesa

    Ada dua Epirogenesa: 

Epirogenesa positif, yaitu gerakan yang mengakibatkan turunnya lapisan kulit bumi, sehingga permukaan air laut terlihat naik.

Epirogenesa negatif, yaitu gerakan yang mengakibatkan naiknya lapisan kulit bumi, sehingga permukaan air laut terlihat turun.

 


b) Orogenesis (Seismic atau Gempa)

Orogenesa adalah pergerakan lempeng tektonis yang sangat cepat dan meliputi wilayah yang sempit. Tektonik Orogenesa biasanya disertai proses pelengkungan (Warping), lipatan (Folding), patahan (Faulting) dan retakan (Jointing).

Serta salah satu contoh hasil Orogenesa adalah deretan Pegunungan Mediterania.


 


Posted : Sabtu, 1 Agustus 2015 | 06:53 WIB | 116 hits
Oleh : Nita Etikasari, S.Pd.

<< Kembali ke Arsip Materi




Info & Pengumuman

JADWAL UKK TP. 1718

Senin, 21 Mei 2018 | 00:19 WIB

Berikut Jadwal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Tahun Pelajaran 2017/2018 :

...
:: Selengkapnya >>


Jadwal UNBK SMP/MTs Tahun 2018

Minggu, 22 April 2018 | 19:49 WIB

Berikut ini adalah UNBK SMP/MTs Tahun 2018 :

...
:: Selengkapnya >>


JADWAL USBN, USCK DAN UNBK TP. 2017/2018

Jumat, 6 April 2018 | 00:39 WIB

Jadwal USBN & USCK TP. 2017/2018



Pengumuman Lainnya..


Login E-Learning Siswa

NIS. :
Password :
Register |